Header Ads Widget

IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum

IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum - Begitulah bahasan menarik yang akan dilanjutkan ke postingan yang membahas "Cara mencegah pencemaran lingkungan hidup dengan IPTEK". Masalah lingkungan hidup memang merupakan masalah yang klasik namun sangatlah luas cakupanya karena permasalahan seperti ini meliputi lintas sektoral, multidimensional, dan multidisipliner. Permasalahan dari yang bersifat lintas sektoral menyangkut tata ruang dari sebuah wilayah dan terkait erat menyangkut dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Sedangkan permasalahan yang sifatnya multidimensional sangat erat kaitanya dengan dimensi kehidupan yang ada di masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penjelasan dari tujuan Kementrian Pekerjaan Umum (PU) sangatlah luas, terlebih bilamana menyangkut tata ruang yang berarti kaitanya dengan penataan ruang untuk pemukiman, perindustrian, lahan produktif, dan masih banyak lagi konsep yang menyangkut pekerjaan umum dengan memperhatikan aspek keselarasan dan daya dukung dari lingkungan. Disebutkan IPTEK dengan pekerjaan umum adalah fungsi dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sebagai alat pertimbangan rasional dan peranan IPTEK yang memang sudah seharusnya mampu meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang tepat menurut fungsinya. Adapun pengertian dimensi kehidupan dari masyarakat, bangsa, dan negara yang berkaitan dengan IPTEK, Mencegah Pencemaran Lingkungan Hidup adalah sebagai kesadaran dari setiap individu, kelompok, atau masyarakat tentang sadar lingkungan selaku warga NKRI yang bertanggung Jawab bagi terselenggaranya pembangunan dari IPTEK untuk masa depan. Upaya untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran pengelolaan lingkungan hidup harus ditingkatkan oleh semua pihak, agar dengan kesadaran tersebut akan timbul suatu komitmen kuat sejalan dari kemajuan IPTEK.


Contoh Pencemaran Lingkungan Sekitar
Bentuk pencemaran yang paling sering dijumpai di lingkungan sekitar tentu akan berbeda setiap wilayahnya. Hal ini perlu dipahami mengingat letak wilayah-wilayah NKRI geografis berbeda-beda. Anda yang tinggal di bali yang berdekatan dengan pantai akan melakukan upaya berbeda dengan anda yang tinggal di jakarta daerah perkotaan.
Pencegahan Pencemaran Lingkungan Hidup Menurut IPTEK
Pencemaran lingkungan baik itu di rumah maupun disekitar dapat dicegah dengan ilmu pengetahuan sederhana seperti membuat septic tank atau pembuangan kotoran yang letaknya jauh dari rumah. Anda juga dapat menanam pohon, membuat taman yang ditanami sayur-sayuran, buah-buahan, atau obat-obatan. Saat ini teknologi sudah canggih sehingga banyak orang yang mengembangkan veftikultur, ini merupakan iptek yang memanfaatkan lahan sempit dengan aneka ragam tanaman dalam pot. Peran serta dari masyarakat sangat erat kaitanya dengan IPTEK, Pencegahan Pencemaran Lingkungan Hidup, peranannya dapat diwujudkan antara lain:

  • Turut Menjaga Kebersihan Lingkungan.
  • Memilah Sampah di Sumber Sampah.
  • Menyediakan Tempat Sampah.
  • Ikut Serta Dalam Kegiatan Peduli Lingkungan.
Bangsa NKRI terkenal dengan budaya gotong royong. Hal ini memang merupakan dari potensi yang sangatlah besar dalam menjaga lingkungan hidup yang sesuai dengan IPTEK. Para warga NKRI bisa juga mengadakan kerja bakti rutin setiap minggunya, biasanya pada hari jum'at yang biasa dilakukan di kampungku citangtu - garut. Kemajuan dari IPTEK memanglah sangat besar manfaatnya, IPTEK juga dapat menjaga kesehatan lingkungan hidup. Kesehatan adalah sesuatu yang memang disebut klasik dalam pembicaraan umat diseluruh dunia. Dari zaman dulu, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit telah dicoba melalui percobaan. Semakin berkembangnya kehidupan umat manusia, penyakit baru pun bermunculan, memang tidak dipungkiri, bahwa lingkungan hidup adalah merupakan yang tidak akan bisa dipisahkan dengan kesehatan. Dengan IPTEK yang anda dapatkan mari ciptakan kebiasaan hidup bersih, terlebih pada musim hujan saat sekarang pasti penyakit-penyakit bermunculan. Untuk menggunakan IPTEK dalam upaya mencegah lingkungan yang tercemar, cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Anda dapat menyediakan tempat sampah pada masing-masing ruangan dan untuk masing-masing jenis sampah.
  2. Tutuplah makanan / simpan makanan di tempat yang aman.
  3. Pilihlah obat-obatan / makanan yang sesuai tempat penyimpanan, kadaluarsa, dan efek samping bagi tubuh. Ingat, ada obat-obatan yang beracun buat lingkungan, dan jadilah Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.
  4. Mencuci buah-buahan / sayuran sebelum di konsumsi.
  5. Jauhi tempat penyimpanan barang yang dapat menyebabkan kerusakan.
  6. Mencuci tangan setelah beraktivitas, mau makan, memegang bayi, dan lainya. Usahakan mencuci tangan 20 detik pakai sabun dan air bersih.

Semoga artikel terkait IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum ini dapat menjadi inspirasi dengan tujuan mencegah pencemaran lingkungan hidup melalui metode IPTEK yang bisa dilakukakan dengan cara peran aktif anda masyarakat NKRI dan Menjaga kesehatan. Artikel Berhubungan:

Posting Komentar

0 Komentar