IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum

IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum - Begitulah bahasan menarik yang akan dilanjutkan ke postingan yang membahas "Cara mencegah pencemaran lingkungan hidup dengan IPTEK". Masalah lingkungan hidup memang merupakan masalah yang klasik namun sangatlah luas cakupanya karena permasalahan seperti ini meliputi lintas sektoral, multidimensional, dan multidisipliner. Permasalahan dari yang bersifat lintas sektoral menyangkut tata ruang dari sebuah wilayah dan terkait erat menyangkut dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Sedangkan permasalahan yang sifatnya multidimensional sangat erat kaitanya dengan dimensi kehidupan yang ada di masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penjelasan dari tujuan Kementrian Pekerjaan Umum (PU) sangatlah luas, terlebih bilamana menyangkut tata ruang yang berarti kaitanya dengan penataan ruang untuk pemukiman, perindustrian, lahan produktif, dan masih banyak lagi konsep yang menyangkut pekerjaan umum dengan memperhatikan aspek keselarasan dan daya dukung dari lingkungan. Disebutkan IPTEK dengan pekerjaan umum adalah fungsi dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sebagai alat pertimbangan rasional dan peranan IPTEK yang memang sudah seharusnya mampu meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang tepat menurut fungsinya. Adapun pengertian dimensi kehidupan dari masyarakat, bangsa, dan negara yang berkaitan dengan IPTEK, Mencegah Pencemaran Lingkungan Hidup adalah sebagai kesadaran dari setiap individu, kelompok, atau masyarakat tentang sadar lingkungan selaku warga NKRI yang bertanggung Jawab bagi terselenggaranya pembangunan dari IPTEK untuk masa depan. Upaya untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran pengelolaan lingkungan hidup harus ditingkatkan oleh semua pihak, agar dengan kesadaran tersebut akan timbul suatu komitmen kuat sejalan dari kemajuan IPTEK.


Contoh Pencemaran Lingkungan Sekitar
Bentuk pencemaran yang paling sering dijumpai di lingkungan sekitar tentu akan berbeda setiap wilayahnya. Hal ini perlu dipahami mengingat letak wilayah-wilayah NKRI geografis berbeda-beda. Anda yang tinggal di bali yang berdekatan dengan pantai akan melakukan upaya berbeda dengan anda yang tinggal di jakarta daerah perkotaan.
Pencegahan Pencemaran Lingkungan Hidup Menurut IPTEK
Pencemaran lingkungan baik itu di rumah maupun disekitar dapat dicegah dengan ilmu pengetahuan sederhana seperti membuat septic tank atau pembuangan kotoran yang letaknya jauh dari rumah. Anda juga dapat menanam pohon, membuat taman yang ditanami sayur-sayuran, buah-buahan, atau obat-obatan. Saat ini teknologi sudah canggih sehingga banyak orang yang mengembangkan veftikultur, ini merupakan iptek yang memanfaatkan lahan sempit dengan aneka ragam tanaman dalam pot. Peran serta dari masyarakat sangat erat kaitanya dengan IPTEK, Pencegahan Pencemaran Lingkungan Hidup, peranannya dapat diwujudkan antara lain:

  • Turut Menjaga Kebersihan Lingkungan.
  • Memilah Sampah di Sumber Sampah.
  • Menyediakan Tempat Sampah.
  • Ikut Serta Dalam Kegiatan Peduli Lingkungan.
Bangsa NKRI terkenal dengan budaya gotong royong. Hal ini memang merupakan dari potensi yang sangatlah besar dalam menjaga lingkungan hidup yang sesuai dengan IPTEK. Para warga NKRI bisa juga mengadakan kerja bakti rutin setiap minggunya, biasanya pada hari jum'at yang biasa dilakukan di kampungku citangtu - garut. Kemajuan dari IPTEK memanglah sangat besar manfaatnya, IPTEK juga dapat menjaga kesehatan lingkungan hidup. Kesehatan adalah sesuatu yang memang disebut klasik dalam pembicaraan umat diseluruh dunia. Dari zaman dulu, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit telah dicoba melalui percobaan. Semakin berkembangnya kehidupan umat manusia, penyakit baru pun bermunculan, memang tidak dipungkiri, bahwa lingkungan hidup adalah merupakan yang tidak akan bisa dipisahkan dengan kesehatan. Dengan IPTEK yang anda dapatkan mari ciptakan kebiasaan hidup bersih, terlebih pada musim hujan saat sekarang pasti penyakit-penyakit bermunculan. Untuk menggunakan IPTEK dalam upaya mencegah lingkungan yang tercemar, cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Anda dapat menyediakan tempat sampah pada masing-masing ruangan dan untuk masing-masing jenis sampah.
  2. Tutuplah makanan / simpan makanan di tempat yang aman.
  3. Pilihlah obat-obatan / makanan yang sesuai tempat penyimpanan, kadaluarsa, dan efek samping bagi tubuh. Ingat, ada obat-obatan yang beracun buat lingkungan, dan jadilah Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.
  4. Mencuci buah-buahan / sayuran sebelum di konsumsi.
  5. Jauhi tempat penyimpanan barang yang dapat menyebabkan kerusakan.
  6. Mencuci tangan setelah beraktivitas, mau makan, memegang bayi, dan lainya. Usahakan mencuci tangan 20 detik pakai sabun dan air bersih.

Semoga artikel terkait IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum ini dapat menjadi inspirasi dengan tujuan mencegah pencemaran lingkungan hidup melalui metode IPTEK yang bisa dilakukakan dengan cara peran aktif anda masyarakat NKRI dan Menjaga kesehatan. Artikel Berhubungan:

3 Komentar untuk "IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum"

(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.