Belajar SEO. Semua orang berbicara tentang bagamana belajar menjadi ahli SEO akhir-akhir ini.
Apa kamu tahu apa itu SEO?
SEO adalah sebuah proses yang seringkali digunakan oleh marketing online atau biasa kita sebut dengan sebutan pemasar digital dengan tujuan untuk meningkatkan performa visibilitas dari sebuah website atau produk baru di search engine. Pada umumnya, situs web atau produk baru tersebut dioptimalkan untuk muncul di halaman teratas pada hasil pencarian sehingga akan menarik lebih banyak pelanggan potensial.

SEO bagi sebagian orang mungkin terdengar sederhana. Namun bagi saya sendiri memahami dasar-dasar SEO tidak semudah itu. SEO membutuhkan Strategi yang baik dan terarah. Saya sendiri akan berbagi buat kamu beberapa Strategi yang akan sekiranya dapat membantu website Anda supaya mempunyai peringkat lebih tinggi sekaligus produk anda laris manis tetapi.
  1. [Anda Harus Memiliki sebuah website Sendiri Yang Mobile Friendlyi]
  2. [Anda Harus Memiliki Situs web dengan Loading Fast]
  3. [Membuat Konten Isi Website Kategori Umum Untuk Semua Usia]
  4. [Hubungkan Website Anda ke Semua Sosial Media Ternama]
  5. [Gunakan Fitur HTTPs di Website Anda]
  6. [Perkenalkan Website Anda ke Mesin Pencarian Ternama]
  7. [Bidik Kata Kunci Sesuai Tujuan Website Anda]

Memiliki Website SEO Mobile Friendly

Anda sendiri pun tahu bahwa "Sebagian besar pelanggan potensial yang mencari produk dan jasa di internet itu dari smartphone". Saya sendiri merangkum dari statistik global yang bersumber dari situs Iacquire.com, tercatat ada 70% penelusuran seluler yang mengarah pada situs Web dalam jangka waktu 1 jam. Studi yang saya baca dari situs tersebut bahwa menunjukkan tercatat 40% dari pengguna akan memilih situs lain jika situs yang di klik tidak mobile friendly.

Anda juga mengetahui bahwa pada tahun 2015 kemarin ada updated yang sangat mengerikan bahkan blog ini pun merasakan dampaknya dari penurunan trafik. Anda harus tahu bahwa Pembaruan yang dilakukan Google ini lebih mengerikan dari Panda dan Penguin. Saya pernah membaca artikel dari situs Stonetemple.com, situs tersebut menyatakan "bahwa ada penurunan peringkat atau trafik kurang lebih 50% dari beberapa situs yang tidak Mobile Friendly".

Sebaiknya Anda segera mengecek atau memeriksa apakah website Anda adalah mobile-friendly dengan bantuan Alat Uji Google Mobile-Friendly. Cara pembaruan seluler tersebut dapat ketahui di Google
Webmaster Central Blog
. Google Webmaster Tools tersebut juga menampilkan beberapa kesalahan dari program kode situs. Anda pun mengetahui kesalahan program website Anda Sendiri. Ikuti langkah demi langkah tentang panduan dari Tools tersebut untuk mengatasi masalah situs belum Mobile-Friendly.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut
alasan saya tentang pentingnya situs atau website yang mobile friendly, baca artikel berikut: Blog Bagiku Marketing Online Terbaik

Website Loading Fast

Semua orang menyukai web atau situs yang proses halamannya cepat terbuka. Begitu juga mesin pencari di Internet.

Pada awal 2015 kemarin, tim webmaster Google telah mengumumkan bahwa mereka akan menilai semua situs berdasarkan kecepatan saat di akses. Beruntung Anda membuat Blog atau Website menggunakan Hosting Google. Produk Blogging Blogger termasuk dalam 10 besar situs tercepat di dunia. Saat ini jawara situs tercepat di Dunia masih dipegang www.facebook.com. Apakah pengguna Facebook? Bagaimana perasaan Anda Saat mengakses situs tersebut. Situs ini bisa anda jadi pembelajaran karena sebuah situs dengan loading cepat akan memberikan pengalaman yang lebih besar langsung mengarah ke konversi yang lebih
tinggi. Menurut Kissmetrics, ada 47% konsumen di Dunia sangat mengharapkan dari sebuah web memuat halaman sekitar 2 detik atau 1 detik itu lebih bagus.

Ada beberapa tools di Internet untuk acuan dalam memeriska performa situs. Situs acuan yang saya gunakan diantaranya:
  1. Google PageSpeed adalah alat Gratis untuk menilai kecepatan dan kinerja website Anda. Alat ini pun sangat baik karena mampu menganalisis berbagai elemen pada halaman web. Dengan alat ini, webmaster akan mengetahui bagaimana cara memperbaiki atau mengoptimalkan halaman web menjadi lebih cepat.
  2. Pingdom.com - alat ini hampir sama dengan Google PageSpeed yaitu alat gratis untuk pengujian sebuah halaman web. Alat ini juga akan memberikan informasi yang berguna tentang bagaimana mengoptimalkan kinerja sebuah website. Hal ini memungkinkan Anda dapat melihat ukuran file, rincian setiap elemen yang ada pada halaman web.

Membuat Isi Konten Relevan (Rahasia Terbesar Kesuksesan Strategi SEO)

Anda mungkin sudah paham defini "Relevan" tersebut. Hal mendasar kesuksesan strategi SEO ini dapat dikategorikan paling bagus diantara trick SEO lainnya. Anda pernah menjumpai artikel tempo dulu atau lawas masih bertenger di halaman pertama dengan kata kunci tertentu. Inilah konten relevan tersebut. Ada beberapa faktor pemicu konten dalam halaman web menjadi relevan, dan untuk memahami hal dasar dari Strategi SEO tersebut simak pertanyaan berikut:
  • Apakah Konten Tersebut Mampu Memberikan Solusi Bagi Permasalahan Semua Orang?
Pertanyaan diatas setidaknya memberikan ide bagi saya untuk menulis artikel ini. Saya sadar bahwa blog ini dapat diakses semua orang, dan setidaknya pengunjung mendapatkan pengalaman berarti setelah mengunjungi halaman ini, meski media blogging ini gratisan namun saya berharap dapat bermanfaat. Menghubungkan Website ke Sosial Media Apakah Sosial Media Berpengaruh Pada peringkat di search engine?

Menurut saya "Ya", backlink atau link back yang berasal dari sosial media itu murni bukan robot yang menyusup ke web. Hari ini hampir setiap orang memiliki akun sosial media. Hal tersebut akan menjadikan strategi pemasaran terbaik karena kesempatan orang mengenal produk dan jasa yang anda miliki sangat besar. Ketika kita melihat ada halaman web dengan peringkat teratas untuk kata kunci tertentu, mereka mempunyai populeritas tinggi di kehidupan sosial. Sosial media ini juga dapat dijadikan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Hal wajar bagi mereka yang sudah banyak fans di sosial media akan mudah menjual produk maupun jasa.

Bila Anda memiliki pengikut yang besar di jaringan media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, Youtube, Instagram, Path, dan Pinterest, Anda sudah berhasil menerapkan strategi SEO natural. Pengikut setia di Sosial media akun Anda yang tertarik akan menjadi alat marketing natural untuk saling berbagi konten Anda ke orang lain.

Mungkin anda tertarik untuk menghubungkan website anda ke akun Sosial Media seperti Twitter. Sumber artikel lainya: Mudahnya Memasang Twitter Card

Membangun Backlink Berkualitas

Membangun backlink berkualitas itu mudah. Jika anda ingin membangun backlink berkualitas, cari halaman web yang ramai dikunjungi oleh semua orang. Jujur, backlink terbaik memang masih dari Sosial Media seperti Facebook, Google Plus, Twitter, Youtube. Adapun halaman populer lainnya yang dapat anda kembangkan bisa menggunakan situs pendidikan, situs Kesehatan, situs Otomotif, dan situs Pemerintah.

Bagaimana Cara Membangun Backlink Berkualitas?

Menurut saya, ada 2 cara namun ini hanya referensi bagi Anda karena saya bukan ahli dalam membangun backlink. Menurut saya, ciptakanlah konten terbaik dalam kategori website Anda yang akan memberi link secara alami tanpa menggunakan strategi apapun. Kedua, promosi dengan cara menaruh link di web populer! Namun cara ini beresiko jika tidak hati-hati. Buatlah backlink dengan beragam nama domain populer. Jika pada hari ini menaruh link di domain .edu - besoknya dengan domain .org dan begitu seterusnya. Ingat cara ini hanya referensi, namun ada baiknya anda fokus pada pembuatan konten berkualitas karena dengan itulah kunci kesuksesan strategi SEO.

Jika anda membangun backlink otomatis, dampaknya akan di hukum Google. Hal ini bukan peringatan saja, namun memang saya mengalaminya sendiri. Jika anda tidak percaya silahkan lihat sumber artikel berikut: Blog di Hapus Akibat Kontes SEO

Website Menggunakan Fitur HTTPS

Google telah menyebutkan bahwa salah satu faktor peringkat yang sebenarnya pada halaman web adalah fitur ini. Mungkin hal ini akan menjadi kejutan besar bagi Anda pemasar digital karena faktor peringkat situs itu ternyata menggunakan HTTPS yang dipercaya terdapat sumber lalu lintas yang terenkripsi lebih tinggi dalam mesin pencari.

Hal utama yang menjadikan fitur HTTPS itu menjadi salah satu faktor SEO karena memerlukan biaya yang cukup mahal. Beruntunglah para Blogger yang menggunakan domain .blogspot dan .wordpress.com yang menggunakan fitur ini dengan Gratis.

Kenapa HTTPs itu penting? Bagi perusahaan yang tidak memiliki konten penting, mereka akan membuat program dengan sistem HTTP. Namun, bagi perusahaan yang memiliki konten penting akan menggunakam fitur ini. Anda dapat menjumpai perusahaan besar menggunakan fitur ini seperti sumber berikut:
  1. Belanja Online Menggunakan Debit Online BNI
  2. Belanja Gampang di Bukalapak
  3. Beli Tiket Online Pegi-pegi
  4. Kampus Cyber Online

Perkenalkan Website Ke Mesin Pencari di Internet

Google memang mesin terbesar di Internet dengan statistik pengguna: (Google: 63,8%), (Bing: 21,1%), (Yahoo: 12,4%), (Ask: 1,6%), dan (Aol: 1,0%).

Apakah yang harus saya lakukan? Lakukan submit minimal ke mesin pencari yang saya sebutkan diatas. Memang pada kenyataannya mesin robot akan mengenali web tanpa di submit juga, namun prosesnya lama dan waktu pengindekan tidak bisa diprediksikan. Cara agar web atau situs anda dikenal banyak orang dengan submit ke webmasters. Jika anda tidak yakin akan hal ini, baca artikel sumber: Hubungan SEO dan Bisnis

Bidik Kata Kunci Relevan Website Anda

Apakah kata kunci masih penting untuk strategi SEO? Ya. Itulah jawaban dari saya!!! Kata Kunci merupakan faktor penting dalam optimasi SEO. Hal ini dikarenakan tercatat 90% dari pengguna online memanfaatkan mesin pencari untuk mencari berbagai informasi. kata kunci atau kata sains bisa dikatakan frase sering diketik mencari halaman web yang paling relevan. Inilah alasan mengapa kata kunci penting untuk website Anda dengan kata kunci atau frase yang anda tanam di header terus relevan dengan semua isi konten maka bisa dipastikan anda sudah menjaring pelanggan potensial. Tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak bisnis gagal karena salah dalam menargetkan kata kunci. Google mefokuskan layanannya dalam penyediaan jawaban untuk masalah user
online, Anda perlu membuat jawaban dengan membuat konten sebagai solusinya dan inilah yang akan jadikan kata kunci. Jika anda ingin membidik kata kunci agar cepat pengindekannya, alternatif dengan bekerjasama dengan Blogger. Caranya, adakan kontes SEO. Silahkan baca sumber artikel: Cara Mengadakan Kontes SEO yang Baik

Kesimpulan Penulis Globlcyberidblog


Saya sangat berharap Anda membantu untuk menyebarluaskan artikel ini dengan share ke berbagai sosial media agar mereka yang mempunyai bisnis bisa terbantu setelah membaca artikel ini. Ingat ya poin-poin yang sudah saya sebutkan diatas dilakukan karena internet itu kejam tak pandang bulu. Tetap fokus dan tetap bersemangat.