Header Ads Widget

Linux: Sistem Operasi Gratis Pilihan Tepat Untuk Komputer Anda

Seperti kita ketahui bersama, komputer merupakan alat penting dalam membantu untuk membuat sebuah karya seperti membuat kartu ucapan, tugas sekolah, membuat animasi, dan lain-lain. Dalam hal kehebatan sebuah perangkat komputer, salah satu penunjang adalah ada sebuah sistem operasi yang merupakan nyawa bagi perangkat komputer. Pengertian Sistem Operasi merupakan salah satu perangkat lunak (software) berfungsi mengatur semua perangkat keras (hardware), maupun program aplikasi. Secara garis besar Perananan Sistem Operasi adalah sebagai berikut:
  • Sistem operasi sebagai penghubung antara user dan program aplikasi. Tujuannya supaya komputer akan respond terhadap perintah oleh user komputer.
  • Sistem operasi merupakan tempat penyimpanan program aplikasi. Sistem opera sangat berperan untuk tempat program aplikasi, untuk contoh bilamana anda berkeinginan jelajah di internet, tentu diperlukan sebuah aplikasi browser seperti Chrome untuk di instal di perangkat komputer, dan peran OS merupakan sebagai perangkat proses instaling aplikasi.
  • Sistem operasi (OS) sebagai sistem kerja dalam perangkat komputer. Sistem kerja komputer akan mengalami kesalahan jikalau tidak ada OS di dalamnya. Ya, dewasa ini user komputer bersifat Multitasking (bisa membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan)
  • .

Dipasaran, kita dapat menemukan berbagai macam operasi sistem (OS) di indonesi, sistem operasi keluaran Linux paling banyak digunakan. Meski belum pernah atau menggunakan OS ini, tentu pasti kita akrab betul dengan istilah Linux. Ya, sistem operasi ini memang sangat terkenal. Salah satu penyebabnya adalah sistem operasi Linux bersifat open source. Open Source merupakan sistem operasi yang setiap orang boleh menggunakan, disebarkan, diubah, disalin, dan lain-lain. Tenang, jika anda dituduh sebagai pembajak sistem operasi, dengan operasi ini istilah pembajak tersebut tidak berlaku. Sistem operasi Linux diciptakan oleh
Linux Torvalds
pada tahun 1991. Beliau merupakan warga negara finlandia.
Linus Torvalds
lahir pada tanggal 28 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia. Beliau menempuh pendidikan di University of Helsinky dari tahun 1988 hingga 1996. Beliau lulus sebagai master dibidang ilmu komputer dan membuat thesis berjudul Linux: A Portable Operating System (Linux: sistem operasi portabel).
Nah, itulah salah pengetahuan tentang perkembangan teknologi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Saya Jajang Nurjaman menuliskan pada 04 Desember 2013.

Posting Komentar

0 Komentar