Cara Dasar Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Perangkat komputer terdiri dari perangkat-perangkat yang terpisah dari CPU, monitor, keyboard, mouse, printer, speaker, stabilizer, dan perangkat-perangkat lainnya. CPU merupakan rakitan perangkat-perangkat keras (Hardware) seperti harddisk, memory, processor, VGA card, sound card, LAN card, dan motherboard. Perangkat yang terpisah dari CPU dihubungkan ke CPU dengan kabel-kabel.
Sebelum mengaktifkan komputer tentu kita harus menghubungkan terlebih dahulu satu perangkat dengan perangkat lain. Cara menghubungkannya haruslah benar untuk bertujuan agar aliran arus listriknya tidak salah. Jangan khawatir, perangkat-perangkat dari komputer sudah didesain sedemikian praktisnya sehingga kabel yang telah terhubung dengan monitor, keyboard, mouse, dan perangkat lainnya lain dengan perangkat-perangkat dalam CPU tidak akan ada colokan yang salah. Kita hanya perlu teliti untuk menemukan pasangan yang tepat antara kabel-kabel tersebut dengan colokan yang terdapat pada kabel.
Berikut langkah dasar yang harus dilakukan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer dengan prosedur yang benar.

  1. Pasang kabel monitor. Kabel monitor biasanya terdiri dari 2 kabel yakni kabel untuk daya dan kabel untuk data.
  2. Hubungkanlah antara kabel mouse dan keyboard ke colokan yang sesuai dengan CPU. Mouse dan keyboard keluaran terbarui mempunyai kepala kabel berbentuk sama, akan tetapi warna kabel berbeda. Apabila kita menggunakan kabel mouse dan keyboard berkabel USB, masukan kabel tersebut ke port USB yang tersedia pada CPU.
  3. Hubungkan perangkat-perangkat lain seperti speaker atau printer.
  4. Hubungkan kabel power CPU dengan stabilizer.
  5. Hubungkan kabel stabilizer dengan sumber listrik.
Sekarang komputer sudah siap dinyalakan.
Setelah perangkat-perangkat saling dihubungkan, kita dapat segera mengaktifkan komputer. Berikut prosedur benar mengaktifkan komputer.
  1. Hidupkan stabilizer.
  2. Aktifkan CPU dengan menekan tombol power.
  3. Aktifkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor.
  4. Silahkan tunggu beberapa saat hingga komputer booting, ialah proses komputer mendeteksi harddisk, floppy disk, drive, CD-rom, dan CPU (memory, clock, RAM, dan lainnya).
  5. Setelah muncul kotak dialog untuk mengisi username dan password. Apabila komputer meminta login username dan password, masukan username dan password komputer tersebut.
  6. Silahkan tunggu sampai pada layar monitor muncul dengan tampilan desktop. Apabila desktop windows sudah ditampilkan, berarti kita sudah bisa menggunakan komputer tersebut.
Bagaimana untuk mematikan komputer untuk sistem operasi windows? Ya, untuk prosedur mematikan komputer adalah sebagai berikut:
  1. Simpan dokumen dan tutup semua aplikasi yang sudah dijalankan.
  2. Klik menu start hingga tampak tampilan menu start.
  3. Klik turn off Computer hingga muncul kotak dialog.
  4. Klik tombol turn off
Nah, prosedur mematikan komputer pun selesai.
Pastikan segala sesuatu melalui prosedur yang benar saat menghidupkan atau mematikan komputer. Dengan demikian akan mengurangi kerusakan pada komputer.

Situs berhubungan:
Dps Nurulfikri

Wikipedia Indonesia

0 Komentar untuk "Cara Dasar Menghidupkan dan Mematikan Komputer"